Olimpiade Nasional 2021 merupakan olimpiade ke X yang diselenggarakan oleh Yayasan Paras Jakarta dan Bimbingan Belajar Citra Mandiri Jakarta sebagai ajang kompetisi pelajar, mahasiswa, dan guru. Olimpiade Nasional ini merupakan kompetisi se-Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan wawasan akademik peserta pada kategori pelajar SD, pelajar SMP, pelajar SMA, mahasiswa, guru SD, guru SMP, dan Guru SMA pada bidang studi IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris. Olimpiade Nasional ke X ini diselenggarakan pada tanggal 25 Desember 2021 sampai dengan 4 Januari 2022 yang diikuti oleh 1241 peserta pada semua jenjang dan kategori.
Pada Olimpiade Nasional ini, Guru SMP Negeri 2 Blora, Alif Alfian S.Pd.Si, M.Pd mendapatkan medali emas atau juara 1 untuk kategori guru IPA SMP dan medali perak atau juara 2 untuk kategori guru Matematika SMP. Tahapan seleksi Olimpiade Nasional ini dibagi menjadi 2 tahap. Pada tahap 1 (Babak Penyisihan) merupakan tahapan untuk menyeleksi peserta kompetisi pada setiap jenjang dan kategori yang mencapai nilai passing grade (PG) berhak untuk mengikuti babak final. Tahap 2 (Babak Final) merupakan tahapan akhir kompetisi untuk menentukan juara Olimpiade pada setiap jenjang dan kategori berdasarkan nilai akhir (NA) pada babak final, bukan akumulasi nilai/ skor pada babak penyisihan. Pada Olimpiade Nasional ini, selain medali dan E-sertifikat juga mendapatkan uang pembinaan sesuai jenjang dan kategori kompetisi yang diikuti.
“Dengan mengikuti Olimpiade nasional ini, saya memperoleh banyak pengalaman dalam evaluasi kemampuan dan wawasan saya sebagai guru pada bidang akademik mata pelajaran yang saya ampu”, terang alif alfian.